Aleg Anis Byarwati Dorong Pemda DKI Segera Bangun Kembali Rumah Korban Kebakaran Pasar Gembrong

GERBANGPATRIOT.COM – JAKARTA, Jum’at (29/04/2022): Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Dapil Jakarta Timur, Anis Byarwati, melakukan kunjungan ke bekas lokasi kebakaran pasar Gembrong, Jl.Basuki Rahmat, Kecamatan Jatinegara, Kelurahan Cipinang Besar Utara,Jakarta timur, Jum’at (29/04/2022).

Dalam kunjungannya, politikus senior PKS Anis Byarwati disambut unsur Muspida seperti Wakil Camat Jatinegara Ibu Hj Endang, Sekretaris Kelurahan, Agung, Ketua RW 001, Saiman( Yongki) dan segenap tokoh masyarakat.

Di lokasi kebakaran Anis merasa prihatin atas musibah yang terjadi, beliau menyapa langsung dan mendengarkan aspirasi para warga korban kebakaran.

” para warga sekalian musibah datangnya tanpa kita duga, Semoga Allah SWT menggantikan yang lebih baik lagi,
Bapak dan Ibu harus bersabar atas musibah yang Allah berikan di bulan yang suci ini.
kita semua sangat prihatin, tetapi insyaallah warga Jakarta turut membantu dan kita mendorong bapak Gubernur agar bisa merealisasikan keinginan bapak ibu semua , bapak ibu sudah dari kecil tinggal disini dan ingin rumahnya segera diperbaiki,” imbuhnya.

Politikus senior Anis berharap kepada Pemda DKI untuk segera membangun kembali rumah para korban kebakaran sesuai keinginan warga.

” Saya berharap pemerintah DKI Jakarta sesuai keinginan warga membangun kembali rumah para korban kebakaran, namun begitu dia mengatakan pembangunannya sesuai tata kelola lingkungan, saya juga berharap para warga untuk bersedia mau bekerjasama dengan pemerintah agar rumahnya dibangun lebih layak, lebih sehat, higienis dan tertata rapi” tukasnya.

Menurutnya pemerintah DKI Jakarta bekerjasama dengan unsur kecamatan, kelurahan akan bahu membahu membantu bagaimana baiknya agar rumah yang terbakar di tata dan dapat dibangun kembali.

” Mudah – mudahan keinginan bapak ibu dapat didengar bapak gubernur Anis Baswedan dan pak Wagub Reza Patria beliau saya yakin trenyuh atas musibah ini, dan beliau pemimpin Jakarta yang sangat baik dan selalu memperhatikan warganya.karena membantu warga sudah menjadi kewajiban pemerintah,” imbuhnya.

Wakil camat Jatinegara Hj Endang
Pada kesempatan yang sama mengatakan pihaknya akan membantu membangun kembali rumah warga para korban kebakaran, namun ditegaskannya pembangunannya harus disesuaikan dengan kepemilikan lahan dan penataan lingkungan yang baru.

” Insya Allah akan di bangun kembali, namun akan disesuaikan dengan kepemilikan tanahnya, karena status tanah disini tanah garapan yang sudah di akte jual belikan, nanti akan ada pendataan ulang dari kelurahan, karena bangunan yang terbakar kepemilikannya lebih dari tiga orang, ada tiga lantai dari bawah ke atas status kepemilikan tanahnya berbeda beda,” katanya.

Menurutnya untuk pembangunannya kembali nantinya akan di prioritaskan dahulu pemilik rumah, sedangkan untuk pengontrak akan diarahkan ke Rumah Susun.

” Di prioritaskan bagi pemilik lahan dahulu, bagi yang ngontak atau bagi warga yang tidak memiliki rumah kami sediakan rumah susun, kami punya banyak rumah susun,” pungkas Hj Endang.

Selanjutnya Hj Endang menambahkan, bagi para korban kebakaran yang rata rata berprofesi sebagai pedagang tempat usahanya akan di pindahkan lokasinya ketempat yang baru.

” Bagi Para pedagang kami sudah dibantu pak gubernur, lokasinya disediakan gratis di pasar Gembrong baru yang lokasinya ada di depannya, kini sedang dilakukan pendataan baru terindentifikasi sekitar 20 orang pedagang,” tutupnya.

untuk diketahui Kebakaran hebat melanda kawasan Pasar Gembrong di RW 01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.
pada Minggu lalu, 24 April 2022 sekitar pukul 21.00 WIB. Api berhasil dilokalisir sekitar pukul 23.00 WIB. .

Atas Peristiwa kebakaran tersebut, sekitar400 bangunan yang dihuni 1.000 jiwa ludes dilalap Si jago merah, sehingga kerugian ditaksir mencapai Rp1.5 Miliar.

Kini warga kawasan Pasar Gembrong hanya bisa meratapi tumpukan puing rumah sisa kebakaran. Nyaris tidak ada barang berharga selain baju yang mereka kenakan yang bisa diselamatkan akibat kebakaran .

Kini bantuan dari para warga DKI Jakarta, dari luar kota, Komunitas, dinas Sosial, BAZNAS dll terus berdatangan dan terus dilakukan pendistribusian.

Sementara itu ibu Kasini dan Bapak Agung , korban kebakaran Pasar Gembrong mengaku berterima kasih atas kunjungan Anggota Legislatif Anis Byarwati, dia berharap agar rumah para korban kebakaran dapat diperbolehkan untuk dibangun kembali.

” Kalau untuk bantuan sih lebih dari cukup, baik berupa Sembako, pakaian layak pakai, makanan cepat saji, cuma kalau uang kita gak punya, ya apalagi jelang lebaran kan kita pasti banyak keperlu an macam-macam.” Pungkasnya.

Di akhir kunjungannya, Anis yang juga Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan ini menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada para korban kebakaran yang diserah terimakan secara simbolis oleh ketua RW 01, Yongki.

” Terimakasih Bu Anis, semoga bantuan ini dapat mengurangi beban warga, dan semoga warga kami tetap dapat merayakan hari raya idul Fitri dengan penuh kegembiraan,” pungkasnya.(Denis)