Tim Co-Giseova Asal UNY Raih Medali di Kompetisi Sains Internasional

RILISINFO.COM – Yogyakarta,  Tim Co-Giseova mahasiswa asal Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) raih Silver Medal kategori Innovative Social Science dalam kegiatan World Invention Competition and Exhibition (WICE) yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) berkolaborasi bersama Mahsa University di Malaysia, Selasa (26/9/23).

World Invention Competition and Exhibition (WICE 2023) merupakan sebuah kegiatan perlombaan dan pagelaran yang rutin digelar setiap tahunnya. Pada tahun ini, kegiatan WICE telah menjadi tahun kelima yang terus konsisten berperan dalam mewadahi para pemikir muda berbakat melalui panggung global untuk memanfaat penemuan mereka pada bidang sains, inovasi, teknologi, hingga komersialisasi.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan UNY melalui tim Co-Giseova yang terdiri dari ketua tim, Asyhari Tahajjud mahasiswa jurusan Teknologi Informasi, dan anggota lainnya, yaitu Indyra Yasmin mahasiswi jurusan Ilmu Sejarah, Sinantia Nur Amanda mahasiswi jurusan Tata Boga, Muhammad Naufal Alamin mahasiswa jurusan Administrasi Publik , serta Novia Ayu Latiefa mahasiswi jurusan Pendidikan Sejarah berhasil membuat inovasi berupa produk permainan yang baik dan mendidik dalam membantu proses perkembangan otak peserta didik rentang usia 9-18 tahun. Produk tersebut diberi nama Educative Board Game to Introduce Financial Management (FIMAJ).

“Kami sudah bekerja keras dalam merealisasikan ide kami menjadi suatu inovasi di bidang pendidikan hingga ide tersebut terealisasi melalui prototype yang kemudian diimplementasikan langsung oleh adik-adik peserta didik yang berkunjung ke booth kami,” ujar Asyhari.

“Yang pasti tentu kami sangat senang bisa berpartisipasi langsung dalam event internasional ini. Kami juga sangat bersyukur bisa mendapatkan medali ini bahkan bertemu dengan rekan-rekan peneliti muda dari berbagai negara. Semoga kami dapat menciptakan ruang-ruang kolaborasi baru lainnya.” tambah Asyari.

Seperti yang diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh 212 tim yang terdiri atas 319 orang dari 20 negara di dunia, yaitu diantaranya Indonesia, Vietnam, Thailand, Amerika Serikat, Mexico, Kazakhstan, Romania, dan masih banyak lagi.(Dns)