Banten

Meski Gerimis, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Maung 2022 di Polres Serang Tetap Dilaksanakan

RILISINFO.COM – SERANG , Meski suasana gerimis, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Maung 2022 pukul 16.00 wib di Lapangan hijau polres Serang, Jumat (22/04/2022).

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria hadir langsung dalam kegiatan tersebut yang didampingi Bupati Serang Ratu tatu chasanah, Pabung Kodim 0602 Serang, Waka Polres Serang, PJU Polres Serang, Kadishub Kab. Serang, Kasat Pol PP Kabupaten Serang, Kadinkes Kabupaten Serang, Kepala BPBD Kabupapaten Serang dan para Kapolsek jajaran Polres Serang.

Dalam apel pasukan tersebut selaku Inspektur Upacara Bupati Serang dan Perwira Upacara AKP Tiwi Afrina serta Komandan Upacara IPTU Budi Mulyadi.

Adapun Peserta Upacara dalam apel gelar tersebut masing masing 1 pleton yakni Perwira Polres Serang , personil kodim 0602, Sat Samapta, personil Polsek jajaran, Sat Lantas, sat Intel, Sat Reskrim, Sat Narkoba, Sat Pol PP Kabupaten Serang, personil Dishub Kabuopaten Serang, BPBD, pemadam Kebakaran Serang, dinas Kesehatan Kabupaten Serang dan dari saka Bhayangkara.

Dalam kesempatanya Bupati Serang selaku Pimpinan Apel membacakan amanat Kapolri dihadapan peserta Upacara.

“Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik” ujar Tatu.

“Berdasarkan hasil survey badan litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran dengan moda transportasi lebaran didominasi oleh jalur darat dengan menggunakan (kendaraan pribadi 47%, kendaraan umum 31%), jalur udara 10%, kereta api 10%, jalur laut 2%, dan lainnya 0,11% ” kata Tatu .

“Pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi covid-19 menjelang, pada saat dan pasca perayaan idul fitri 1443 h/tahun 2022 sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian idul fitri 1443 h/tahun 2022” tambahnya.

“Dalam Operasi “ketupat-2022” yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 april 2022 s.d. 9 mei 2022. Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun ka, dan bandara. Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel polri, 13.287 personel tni, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain satuan polisi pamong praja, dinas perhubungan, dinas kesehatan, pramuka, pemadam kebakaran, linmas, senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.710 pos pengamanan dan 734 pos pelayanan serta 258 pos terpadu” imbuhnya.

Diakhir, Tatu berharap melalui Operasi Ketupat Maung 2022 ini stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan dengan naik dan lancar.

Icha

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.