Banten

Kasat samapta Polres Cilegon Polda Banten cek kelengkapan personil samapta

RILISINFO.COM – Cilegon , kasat samapta Polres Cilegon Polda Banten laksanakan pengecekan alat alat kelengkapan diri personil dalam rangka antisipasi Erupsi gunung Krakatau,Selasa 26-4-22.

Cilegon – Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Sigit Haryono SIk SH
Melalui Kasat Samapta Polres Cilegon AKP Choirul Anam, S.H, MH, M.Si menjelaskan kepada awak media bahwa hari ini kami melaksanakan pengecekan alat alat kelengkapan diri perorangan satuan Samapta polres Cilegon dalam rangka antisipasi Erupsi gunung Krakatau

Hal ini perlu dilaksanakan untuk kesiapan personil satuan Samapta polres Cilegon apabila terjadi erupsi gunung Krakatau jangan sampai kita (sat samapta) tidak bisa menggunakan alat-alat ini untuk melindungi diri personil satuan Samapta dari Debu vulkanik atau bahan kimia yang akan membahayakan kesehatan personil itu sendiri.

Kegiatan pengecekan alat masker debu atau kimia yang disebut dengan Gasmask NBC Protective gas mask tersebut untuk membantu warga masyarakat yang terdampak oleh erupsi gunung Krakatau.kami siap membantu masyarakat yang terdampak debu vulkanik erupsi gunung Krakatau.

Menurut kasat samapta polres Cilegon bahwa Abu vulkanik, sering disebut juga pasir vulkanik atau jatuhan piroklastik adalah bahan material vulkanik jatuhan yang disemburkan ke udara saat terjadi suatu letusan. Umumnya abu vulkanik terdiri dari berbagai jenis batuan, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran sangat besar. Batuan yang berukuran besar (bongkah – kerikil) biasanya jatuh disekitar kawah sampai radius 5 – 7 km dari kawah, dan yang berukuran halus dapat jatuh pada jarak mencapai ratusan km bahkan ribuan km dari kawah karena dapat terpengaruh oleh adanya hembusan angin. Abu yang halus dapat menyababkan radang paru-paru jika terhirup.

Maka dari itu kami melatihkan kepada personil Samapta Polres Cilegon Polda Banten dalam penggunaan alat Gasmask NBC Protective gas mask,pada personil yang akan terjun langsung membantu masyarakat yang terdampak oleh erupsi gunung Krakatau.

Kami menghimbau kepada masyarakat pesisir pantai Anyer dan pantai Cinangka untuk tidak panik apabila ada erupsi letusan gunung Krakatau,segera mungkin ketempat evakuasi yang sudah disiapkan.kami mendoakan semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,semoga tetap kondusif,sehingga perekonomian tetap berjalan dan masyarakat melaksanakan aktifitas dengan kondusif.”ujarnya.

Ditempat yang sama hadir pula KBO Satuan Samapta IPTU Aas Andi Mario, IPTU Usep selaku Kanit Turjawali, IPDA Jarir selaku Kanit Pamobvit, IPDA Dedi Junaedi (Kanit 1 Patroli) dan IPDA Kyflan Ahmad Syukur, S.TrK. ( Kanit 2 Patroli ).

Apabila terjadi sesuatu segera melaporkan kepihak kepolisian terdekat atau call center 110 polres Cilegon Polda Banten.”tutup Anam selaku kasat samapta polres Cilegon Polda Banten.

Icha

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.