Jawa Barat

Legislator PKS Kabupaten Tasikmalaya Buka Akses UMKM Dengan Toko Modern

GERBANGPPATRIOT.COM – Tasikmalaya, Anggota komisi II DPRD kabupaten Tasikmalaya, H.Dedi Kurniawan menyatakan pihaknya terus memperjuangkan dan mencari solusi agar pelaku UMKM di kabupaten Tasikmalaya bisa bersinergi dengan toko modern untuk memasarkan produk produknya.

“Saya memperjuangkan pelaku UMKM yang seringkali mengalami kesulitan dalam pemasaran. Pelatihan sering dilakukan tetapi belum menemukan apa yang diharapkan, yaitu produknya bisa terjual,” ujarnya kepada pada Sabtu (16/7/2022) lewat pesan singkatnya.

Menurut politisi PKS ini, Perda terkait toko modern sudah dibuat sejak tahun 2014 tetapi belum menyentuh objek yaitu pelaku UMKM.

“Saya mencoba memfasilitasi mereka dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama pengusaha Toko Modern. Diantaranya Alfamart, Indomart, Tasco dan Qinimart,” imbuhnya.

Saat ini lebih dari 1.800 pelaku UKM baru bisa terfasilitasi sebanyak 20 UKM. Dalam kegiatan tersebut alhamdulillah sebanyak 5 produk bisa terpasarkan (kurasi) langsung oleh Indomart.

Tentunya peserta menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk mempersiapkan diri agar produknya juga bisa masuk ke toko modern. Seluruh toko modern yang ada sudah siap menampung produk UMKM bahkan dibantu untuk bisa dipromosikan dengan berbagai kegiatan kegiatannya seperti promo dan ada pelatihan pelatihan.

Setidaknya, kata Dedi, untuk tahap awal lebih dari 70 cabang minimarket di kabupaten Tasikmalaya bisa dimasuki produk, dan menjadi harapan baru terhadap pemasaran yang selama ini menjadi kendala mendasar.

Kegiatan pelatihan tahap kedua yang digelar Diskopukmindag kabupaten Tasikmalaya ini dilakukan selama 3 hari bagi para pelaku UMKM dan UKM dan diikuti sebanyak 20 orang peserta dalam rangka menjalin kemitraan diantara para pelaku UMKM dengan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dilaksanakan di Grand Metro Hotel, kota Tasikmalaya dari tanggal12-14 Juli 2022.

Program Pelatihan Tahap Kedua Diskopukmindag ini fokus kepada pembahasan tentang FGD dalam rangka menjalin kemitraan para pelaku UMKM dengan Toko Modern agar produknya bisa diterima di pasar ritael modern. (Denis)

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.